15 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Aceh merupakan sebuah propinsi di Indonesia. Aceh terdapat di ujung utara pulau Sumatera serta adalah propinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya yaitu Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman serta Nikobar di India serta terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh bersebelahan dengan Teluk Benggala di samping utara, Samudra Hindia di samping barat, Selat Malaka di samping timur, serta Sumatera Utara di samping tenggara serta selatan.

Aceh yaitu daratan yang paling dekat dengan episentrum gempa bumi Samudra Hindia 2004. Aceh pernah dirundung bencana gelombang tsunami serta menerjang beberapa besar pesisir barat propinsi ini. Sekitaran 170. 000 orang tewas atau hilang akibat bencana itu tetapi Aceh saat ini telah mulai sembuh.

Aceh mempunyai cukup banyak tempat tempat wisata salah satunya seperti wisata alam, wisata pengetahuan dan wisata religi. Aceh yang juga populer dengan sebutan Serambi Mekkah ini, disana ada segudang potensi wisata yang mengagumkan.

Ini 15 daftar Tempat Wisata Paling baik di Aceh yang harus mesti anda kunjungi bila anda tengah bertandang ke Aceh

1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah / photo by @youthcampkpk_aceh

Pulau Rubiah terdapat di Sabang, tepatnya ada di samping barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah di ambil dari satu tulisan yang ada pada nisan yang ada di pulau ini. Pulau Rubiah di kenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sekurang-kurangnya ada 14 dari 15 biota laut yang sekarang ini dilindungi di Indonesia. Anda dapat diving serta snorkeling disini, silakan anda berenang berbarengan bermacam ikan tropis serta nikmati indahnya terumbu karang yang berwarna warni.

2. Air Terjun Kuta Malaka


Air Terjun Kuta Malaka

Photo by septiana_putriayumi


Air Terjun Kuta Malaka yaitu air terjun yang ada di Kuta Malaka, Kecamatan Samahani, Kabupaten Aceh Besar, Nanggro Aceh Darussalam. kurang lebih 600 m dpl, yang bertingkattingkat. Konon kata orang-orang setempat meraih 8 tingkat serta ada yang menyampaikan 20 tingkat. Untuk menuju ke tempat kita mesti meniti perjalanan sejauh 30 km dari pusat kota Banda Aceh.

3. Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar

Photo by @wiwin_cliquers


Danau Lut Tawar yaitu satu danau serta lokasi yang ada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di samping barat danau ini ada kota Takengon yang disebut ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang menempati daerah itu yaitu Suku Gayo. Menyebutkan danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini mempunyai luas sekitaran 5. 472 hektar, panjang 17 km, serta lebar 3. 219 km. Dimaksud Danau Laut Tawar lantaran lokasi perairan danau ini begitu luas, serta air yang ada di danau ini dapat adalah air tawar.

4. Benteng Indrapatra

Benteng Indrapatra
Photo by sazalisyukur

Benteng Indraparta adalah benteng pertahanan yang di bangun mulai sejak Kerajaan Lamuri yang disebut kerajaan hindu pertama di Aceh. Benteng Indraparta ini adalah peninggalan kerajaan Hindu yang terdapat di pesisir pantai Ujong Batee, tepatnya di desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Tidak jauh dari Benteng Indraparta ada Benteng Iskandar Muda. Didalam Benteng Iskandar Muda, ada dua buah sumur yang dinaungi bangunan berupa kubah. Benteng Iskandar Muda ini bertemu segera dengan Selat Malaka.

5. Tugu Nol Kilometer

 Tugu Nol Kilometer
Photo by yaumil_djroeh

Tugu Nol Km. Tak komplit rasa-rasanya bila liburan ke Aceh tetapi tak berkunjung ke Tugu Nol Km.. Monumen ini adalah lambang dari perbatasan negara Indonesia. Tempat tugu ada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Jarak pada tugu Nol km. serta Kota Sabang yaitu sekitaran 29 km serta memerlukan saat lebih kurang 55 menit dengan memakai kendaraan motor.

6. Museum Tsunami Aceh

 Museum Tsunami Aceh
Photo by @mirroreye

Pada th. 2004 Tsunami menerjang Aceh serta tersisa duka untuk warga Aceh yang sudah selamat ketika itu. Untuk kembali kenang sekalian menghormati korban yang wafat dalam musibah tsunami, dibangunlah satu Museum Tsunami yang berada di Jalan Sultan Iskandar Muda pada th. 2009. Ada lorong panjang ditambah dengan nada gemuruh ombak serta kucuran air di selama lorong yang bakal mengingatkan anda pada bencana besar itu. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Museum ini serta lihat apa sajakah yang tersisa dari gelombang tsunami. Terdapat beberapa benda bekas bencana tsunami yang di pajang. seperti sepeda punya korban. Terkecuali benda bekas bencana itu, ada juga photo korban wafat serta narasi mengenai kesaksian korban yang selamat, serta alat simulasi elektronik gempa bumi.

7. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Photo by royaltravel.asia

Masjid Raya Baiturrahman di bangun oleh Sultan Iskandar Muda th. 1612 serta sudah jadi ikon Aceh. Masjin Baiturrahman juga jadi objek wisata religi di Aceh yang ramai dikunjungi lantaran kemegahan serta keindahannya. Bangunan paling utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara. Kesan megah Masjid ini makin merasa karenanya ada kolam besar serta pancuran air di bagian depan Masjid.

8. Tebing Lamreh

Tebing Lamreh


Tebing Lamreh mulai ngetrend dikalangan traveler satu tahun lebih paling akhir. Tempat ini memanglah yang paling prima buat bebas photo selfie deh. Tidak hanya tenang, namun juga luas!

Dari jalan menuju ke Pelabuhan Malahayati, anda jalan selalu ikuti jalan menuju pantai pasir putih. Di dalam perjalan kelak bakal ketemu pamplet bertulisan " Wisata Tebing Lamreh ", tinggal masuk serta bayar duit ditribusi. Setelah itu perlu saat sekitaran 10 menit untuk menuju ke tebing lamreh memakai sepeda motor.

Tebing Lamreh mempunyai keindahan yang mengagumkan. Dari atas tebing segera dapat lihat hamparan laut serta tebing terjal. Anda dapat berfoto ria di Tebing Lamreh, di pantai, atau di tempat arah ke pantai pasir putih.

9. Ujung Nunang

Ujung Nunang


Tempat seindah ini tampak seperti di luar negeri kan. Padahal ini berada di Kota dingin Takengon, tepatnya di Ujung Nunang. Lokasi ini pernah di adakan acara Camping 100 tenda tahun lalu. Menuju ke Ujung Nunang membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Takengon, dengan sepeda motor.

10. Puncak Gurutee

Puncak Gurutee


Puncak Geurute yang berada di Kabupaten Aceh Jaya saat ini lagi hitz dikalangan anak muda untuk berfoto ria. Selain bisa menikmati kuliner khas puncak gurutee, kamu disuguhkan dengan pemandangan indah serta disini kamu menikmati sunset. Menariknya di Puncak Geurute, kamu akan ketemu sama hewan mamalia sejenis monyet. Namanya "Si Amang", hewan ini sangat jinak sama pengunjung, dan kamu bisa foto bareng sama si Amang.

11. Rumah Cut Nyak Dhien

Rumah Cut Nyak Dhien


Siapa yang belum pernah mendengar nama Cut Nyak Dien? Beliau adalah salah satu pahlawan wanita Indonesia yang mendapat julukan Srikandi Indonesia. Jika Anda sedang berkunjung ke Aceh Besar, Anda bisa berkunjung ke situs sejarah rumah Cut Nyak Dien. Rumah Cut Nyak Dien ini berlokasi di Jalan Cut Nyak Dhien, desa Lampisang, kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Di rumah itulah dahulu Cut Nyak Dien berlindung dan menyusun strategi perang. Dan di rumah ini pulalah orang-orang berlindung saat terjadi tsunami 2004.

12. Pantan Terong

Pantan Terong
Photo by azwarniislamiah

Pantan terong adalah sebuah bukit yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1830 meter di atas permukaan laut. Jika anda ingin datang ke tempat wisata ini jangan lupa membawa jaket dan baju hangat karena udara di sekitar sini cukup dingin. Anda dapat melihat Danau Laut Tawar yang menyerupai kuali raksasa dari sini. Selain itu anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset dengan pemandangan sangat cantik. Jadi, siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

13. Air Terjun Blang Kulam

Air Terjun Blang Kulam
regram from @fadhlysiagian 

Obyek wisata alam yang satu ini sayang untuk ditinggalkan. Air Terjun Blang Kolam terdapat di Desa Sidomulyo, Aceh Utara serta dapat ditempuh kurun waktu 30 menit dari Lhokseumawe.

Disini, Anda dapat lihat air terjun kembar dengan tinggi 75 mtr. yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Di sekitaran air terjun, terdapat beberapa orang yang bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun atau sebatas bersantai di tepiannya. Bila Anda menginginkan rasakan pengalaman yang tidak sama, cobalah datang dengan membawa perlengakapan berkemah Anda. Di Air Terjun Blang Kolam ini, Anda dapat berkemah serta nikmati alam bebas dengan tarif 5. 000 Rupiah per orang.

Obyek wisata di Aceh ini tidak cuma tawarkan keindahan alamnya, tetapi juga tawarkan harga yang murah. Anda cukup membayar 2. 500 Rupiah per orang untuk dapat masuk serta menunjukkan keindahan Air Terjun Blang Kolam.

14. Pasi Saka Aceh Jaya

Pasi Saka Aceh Jaya
Photo by yudhiekasatria

Pantai Pasi Saka, pantai tersembunyi yang menjuntai pada bibir samudera hindia. Ia memang manis semanis namanya (saka brarti gula dalam bahasa Indonesia). Perjalanan setapak yang Wisata Aceh lewati eks gampong Mata Ie serta pendakian tanah basah bukit Ujong Gla terbayar lunas ditempat dengan pesona pantai tersembunyi ini sepadan dengan jalur sulit untuk mencapai lokasi. Hal yang menarik dari pantai Pasi Saka, menurut amatan Wisata Aceh adalah bulir pasir-pasirnya. Jika dilihat dari jarak dekat, namanya juga pasir, harus dilihat sedemikian dekat untuk melihat butir perbutir. Beberapa bulir pasir ini berbentuk seperto Kristal yang bewarna bening. Persis seperti butir gula, karena itu pula, barangkali pantai ini dinamai Pasi Saka. Ini lah The Light of Aceh dari Kabupaten Aceh Jaya.

15. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Photo by nurulsukmaa

Warga Aceh tak perlu merasa iri dengan Bali yang memiliki banyak pantai indah karena di Aceh juga terdapat banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

Satu lagi kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah melihat upaya pelestarian penyu. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas. Seru, ya? Liburan sekaligus menjaga kelestarian alam.

Jika belum puas menikmati Pantai Lampuuk dalam sehari, Anda bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai. Selain bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Harga tiket masuk adalah 3.000 Rupiah.