5 Cemilan Khas Aceh Favorit Anak Muda

shares

5 Cemilan Khas Aceh Favorit Anak Muda

Wisata Aceh - Saat ini banyak sekali komunitas instagram pencinta kuliner di Aceh, hal ini di karenakan mulai banyak orang yang menjadikan makanan hanya sebagai kebutuhan saja, akan tetapi berwisata kuliner manjadi sebuah hobi yang sangat mengasyikkan. Salah satu kota yang tidak kalah enaknya masakan yang ada di dalamnya adalah Kota Banda Aceh yang sangat luar biasa.

Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota yang di dalamnya terdapat berbagai macam varian makanan, tentu jika anda merupakan seorang pencinta kuliner untuk makanan indonesia, tidak ada salahnya apabila kebetulan sedang berada di aceh untuk mencicipi makanan khas Aceh yang ada di sana. Kini di aceh tempat wisata kuliner aceh sangat maju dengan pesat, hal ini di karenakan bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Berikut 5 Cemilan Khas Aceh yang paling populer dikalangan anak muda Aceh.

1. Salak Pliek U

Salak Pliek U merupakan salah satu kuliner Aceh lagi hits dikalangan anak muda dan kaum wanita Banda Aceh. Rasanya pedes asin kelat manis istilah lainnya nano nano, kalian belum pernah makan, harus coba cemilan ini ketika ke Banda Aceh. Pliek U selain jadi bahan masakan, bisa jadi bahan untuk cemilan. Salak Pliek U bahan utamanya adalah buah salak yang udah di cincang lalu di aduk dengan pliek u sudah di bumbui. Uniknya salak pliek dulu peminatnya adalah nenek dikampung atau ibu-ibu rumah tangga yang lagi ngumpul sore hari. Tetapi sekarang peminatnya anak muda.

5 Cemilan Khas Aceh Favorit Anak Muda


5 Cemilan Khas Aceh Favorit Anak Muda
2. PASUTI (Pepaya Sunti)

Pasuti adalah singkatan dari Pepaya Sunti. Pasuti juga termasuk cemilan Aceh yang sangat diminati anak muda. Dulunya ini makanan ibu-ibu rumah tangga sama seperti salak pliek u, namun sekarang sudah jadi makanan favorit anak muda. Pasuti campuran antara buah pepaya mengkal dan asam sunti yang sudah dibumbui. Asam sunti merupakan bahan baku masakan di Aceh, sama halnya dengan Pliek U. Asam sunti ini hasil dari buah belimbing yang jemur dan prosesnya sampai tiga hari.


Pasuti kuliner Aceh

3. Asam Kana

Asam Kana Kuliner Aceh

Masih ingat makanan yang satu ini? Asam Kana. Nah, itu dia cemilan yang paling favorit jika Anda yang lahir di era 80-an. Selain rasanya yang lezat, saat itu Asam Kana juga relatif murah lho. Jika kita punya uang Rp.100 di saku, cemilan yang manis campur pedas itu bisa dapat empat buah.

Dibungkusi dengan kertas yang diikat dengan karet, membuat cemilan yang satu ini terlihat sederhana. Bahan yang dikomposisikan dengan asam jawa, garam, gula, buah rumbia yang sudah ditumbuk dan sedikit cabe rawit menghasilkan rasa yang unik. Emmm...sumpah, enaknya tuh pake bingiiitss guys. Selain itu, Asam Kana juga bagus dikonsumsi untuk kita yang sedang mengalami sariawan. 

Tahun 2016 asam kana sudah populer lagi dikalangan anak muda. Mereka menyantapnya sambil menikmati sore hari di Ulee Lheue, Banda Aceh. 

4. Bu Gring alias Rengginang

Bu Gring adalah beras ketan yang dikukus lalu dijemur dimatahari sampai keras, setelah itu digoreng hingga bewarna kekuningan. Bu Gring alias Rengginang kalau di Kota Banda Aceh banyak kita temui di warkop. Temannya kopi selain kue basah rengginang juga sangat dimakan. Ada yang makan bu gring dengan cara mencelupkan bu gring ke dalam kopi terus dilahap, nyuummmii. Rasa bu gring bikin ketagihan. 

Bu Gring

5. Kue Bhoi

Kue Bhoi merupakan salah satu penganan populer di Aceh. Bolu ini hadir dalam beragam bentuk seperti ikan, bunga atau bintang. Teksturnya yang lembut membuat kue bhoi enak disantap bersama ​secangkir kopi​ hangat.

Bolu khas Aceh ini memiliki tekstur luar kering dan bagian dalam yang lembut. Rasanya manis namun tak berlebihan. Kue bhoi nikmat dimakan bersama segelas teh hangat atau kopi. Masyarakat Aceh pun suka mencelupkan kue bhoi dalam kopi panas​ sebelum disantap. ​T​ekstur kue jadi l​embut ​saat masuk ke mulut. 

Sumber google
Demikian informasi mengenai 5 Cemilan Khas Aceh Favorit Anak Muda, kalau ada saran mengenai makanan lain, silahkan komentar. Salam Kenyang :D 

Related Posts