Pulau Palambak Destinasi Favorit Di Kepulauan Banyak

shares

Wisata Aceh - Pulau Palambak yang terletak di Aceh Singkil, provinsi Aceh ini memang terletak di tempat yang tersembunyi. Namun justru letaknya yang tersembunyi inilah membuat Pulau Palambak ini menjadi tempat wisata yang spesial. Jumlah bungalow di pulau ini pun terhitung sangat sedikit, mungkin suatu yang memang direncanakan agar Pulau Palmbak ini tetap terjaga kelestariannya

Wilayah administrasi Pulau Palambak berada dibawah kecamatan pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Aceh Singkil merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Selatan dimana sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini juga terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan.


https://www.instagram.com/hendralacoste/


Letaknya yang berbatasan dengan Sumatera Utara membuat banyak wisatawan yang mengakses Pulau Palambak dengan menempuh jalur dari Kota Medan. Kebanyakan dari mereka berkunjung ke pulau ini karena ingin menikmati pesona alam Pulau Palambak yang memang sangat memukau. Menyaksikan pantai pasir putih yang terhampar membuat pengunjung enggan untuk meninggalkan pulau ini. Duduk di bawah pohon kelapa ditemani hembusan angin sambil menikmati pesona keindahan alam yang membuat betah berlama-lama di Pulau Palambak.

Kegiatan di Pulau Palambak Aceh Singkil

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di pulau ini, laut di pantainya yang tenang, dangkal, dan landai sangat aman untuk aktivitas berenang atau bermain kayak sambil menikmati indahnya dasar laut berpasir putih.

Berjalan mengelilingi pulau nampaknya ide yang bagus juga untuk menikmati suasana pulau yang dipenuhi hamparan pohon kelapa ini. Sepertinya sudah menjadi takdirnya pohon kelapa untuk berpasangan dengan pantai pasir putih, keduanya berpadu menjadi pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang jenuh dan lelah dengan suasana hiruk pikuk kota, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur menyegarkan kembali fikiran dengan suasana yang tenang dan sunyi melupakan segala persoalan di tempat kerja.

Rute Perjalanan Menuju Pulau Palambak

Dari Jakarta rute perjalanan terbaik menuju Pulau Palambak adalah dari Medan. Dari Bandara Kualanamu Medan Anda bisa langsung menghubungi travel yang melayani jasa Medan - Aceh Singkil.

Perjalanan darat dari Medan menuju Aceh Singkil memakan waktu antara 8 sampai 9 jam, dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju Pulau Balai. Untuk menyeberang tersedia kapal ferry dengan jadwal keberangkatan dua kali sepekan, jika ingin merasakan sedikit tantangan, Anda bisa menumpang kapal kayu penduduk Pulau Balai yang berangkat dari Pelabuhan Jembatan Tinggi pada pagi hari. Jadwal ini tentu harus Anda perhitungkan dengan pas untuk menentukan saat kapan Anda berangkat dari Medan. Perjalanan laut dari Pelabuhan Jembatan Tinggi Singkil menuju Pulau Balai biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Penginapan di Kepulauan Banyak

A video posted by Mr.Didi K (@dd_ig) on
Di Kepulauan Banyak, dimana Pulau Palambak adalah satu dari pulua-pulau yang ada disana, kita memiliki beberapa pilihan untuk menginap.


Penginapan di pulau Balai.
Pulau Balai merupakan gerbang masuk kepulauan banyak, di pulaui ini terdapat beberapa penginapan dengan variasi harga yang cukup terjangkau seperti penginapan putri, aurora, dan auk kombi.


Penginapan di Pulau Palambak Besar.
Terdapat 4 cottage kayu yang dapat dipilih untuk menginap di Pulau Palambak Besar. Cottage berbentuk rumah panggung berukuran 4 x 4 meter ini dapat di tempati untuk 2 orang atau lebih. didepan kamar terdapat sebuah balkon yang langsung menghadap ke pantai. Balkon ini juga di lengkapi dengan dua buah kursi rotan dan meja. Harga sewa cottage ini ialah Rp. 100.000 / person dan makan per hari Rp. 100.000 (3x makan).

Penginapan di Pulau Sikandang
Jika cottage di Pulau Palambak penuh, ada alternatif lain yaitu penginapan di Pulau Sikandang. Pulau Sikandang memiliki beberapa cottage, meskipun cukup bagus dan tidak kalah dibanding cottage di Pulau Palambak, namun cottage di Pulau Sikandang hanya dibuka saat musim liburan. Dan jika ingin sesuatu yang extreme kita bisa berkemah di beberapa pulau yang tidak ada penghuninya seperti Pulau Lambudung, Pulau Asok, Pulau Pandan, Pulau Tailana dll.


Demikian sedikit informasi tentang tempat wisata Pulau Alambak Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Selamat menikmati liburan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah daftar tujuan liburan Anda.
A video posted by Mr.Didi K (@dd_ig) on

Related Posts