5 Tempat Wisata Malam di Kota Banda Aceh

shares

Rex Peunayong Wisata Aceh

5 Tempat Wisata Malam di Kota Banda Aceh - Kota Banda Aceh yaitu satu diantara kota yang ada di Aceh serta jadi ibu kota Propinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh jadi pusat semua aktivitas ekonomi, politik, sosial serta budaya. Kota Banda Aceh adalah kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, dimana Kota Banda Aceh adalah ibu kota dari Kesultanan Aceh. Kota Banda Aceh yaitu satu diantara kota yang ada di Aceh serta jadi ibu kota Propinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh jadi pusat semua aktivitas ekonomi, politik, sosial serta budaya. Kota Banda Aceh adalah kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, dimana Kota Banda Aceh adalah ibu kota dari Kesultanan Aceh. Selain terkenal dengan wisata tsunami dan religi, kota Banda Aceh juga memiliki wisata malam yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Banda Aceh. Berikut ulasan 5 Tempat Wisata Malam di Kota Banda Aceh :


1. Warung Kopi Aceh


Banda Aceh telah lebih dulu di kenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi, hal semacam ini di latarbelakangi dengan selalu meningkatnya jumlah warung kopi yang menghidangkan kopi khas Aceh. Tetapi jika dikilas balik, warung kopi yang jadikan kopi Arabica sebagai product paling utama belumlah jadi hal yang umum di kota ini, orang-orang kota Banda Aceh yang lebih dulu punya kebiasaan konsumsi kopi Robusta olahan bikin mereka tak familiar dengan kopi Arabica yang ironisnya adalah komoditi unggulan Aceh.

Orang-orang Aceh tidak bisa dipisahkan dari kopi. Oleh karena itu, kedai kopi bakal banyak kita jumpai di beberapa pelosok negeri berjuluk Serambi Mekkah ini. Baik siang ataupun malam, beragam susunan orang-orang di Aceh isi kedai-kedai kopi untuk bersantai minum kopi.

Warung Kopi Aceh Wisata Aceh
sumber: http://seputaraceh.com/
Tak terbatas dari yang muda sampai yang tua, pria ataupun wanita, miskin ataupun kaya, semuanya berbaur tanpa ada sekat-sekat pembatas. Dapat disebutkan, kopi seperti nafas untuk orang Aceh yang susah dipisahkan dari kehidupan keseharian mereka mulai sejak jaman kesultanan Aceh.

Kebiasaan minum kopi ini sudah berkembang turun temurun bersamaan perubahan Aceh sebagai satu diantara daerah produsen kopi kelas dunia. Mulai sejak masa kolonial Belanda sampai saat ini, sekurang-kurangnya ada dua daerah sentra produksi kopi di Aceh, yakni Ulee Kareng serta Gayo. Kopi Ulee Kareng yang termasuk juga type kopi Robusta dihasilkan dari Kecamatan Ulee Kareng. Jangan heran ketika berkunjung ke Aceh begitu banyak warung kopi penuh dengan masyarakat Aceh itu sendiri.


2. Rex Peunayong

A photo posted by Banda Aceh (@kotabandaaceh) on
Lapar dimalam ketika ada di Banda Aceh? Rex Peunayong mungkin saja satu diantara tempat yang perlu dikunjungi. Dapat disebut ini penyembuh lapar malam hari di Banda Aceh. Obyek wisata kuliner di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam ini populer sebagai tempat wisata kuliner malam di Banda Aceh.

Sesudah tsunami yang berlangsung 26 Desember 2004, Rex Peunayong alami perbaikan serta pembangunan. Sampai sekarang ini, tempat ini masihlah saja senantiasa ramai dikunjungi. Keramainnya masihlah sama juga dengan sebelumnya diluluh lantakkan tsunami.

Rex Peunayong letaknya begitu strategis, di Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Desa Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Di sekelilingnya banyak penginapan, tempat tinggal makan, serta warung makan. Jajanan yang di tawarkan disini begitu bermacam. Beberapa besar yaitu masakan nusantara. Menunya dari nasi goreng, ayam penyet, sate padang, nasi uduk, nasi bebek, martabak, makanan laut, dsb. Harga nya juga berbagai macam, diawali dari Rp 3000an sampai Rp 30 beberapa ribu.

5 Tempat Wisata Malam di Kota Banda Aceh


Yang juga bikin unik tempat ini sekarang ini yaitu kanopinya yang dibuat seperti gelombang laut. Kanopi ini baru di bangun sesudah tsunami th. 2004, sebagai peringatan mengenai bencana alam yang mengonsumsi korban jiwa beberapa ratus ribu warga Banda Aceh.

Di buka mulai jam 5 sore, saat yang paling ramai di lokasi ini yaitu malam minggu. Siap-siap saja menjumpai kemacetan di lokasi ini Sabtu malam. Nah, bila lapar menempa pada malam hari waktu teman dekat Nesi tengah ada di kota Banda Aceh, singgah lah ke Rex Peunayong, penyembuh lapar malam hari di Banda Aceh.


3. Nasi Goreng Daus



Selama histori wisata aceh ada, tak ada yang pernah mereferensikan tempat makan ini. Lantaran tak popular? Tak ah rasa-rasanya bila lihat pengunjung di restauran Daus ini yang ramai. Atau rekan-rekan berasumsi tempat ini telah umum di ketahui hingga mereka tak menginformasikan lagi, mungkin saja. Nasi Goreng Daus, terdapat pas di samping satu diantara tempak makan ikonik Banda Aceh, warung Mie Razali di daerah Peunayong. Restauran ini luas, bersih, serta nyaman. Ada ruang bebas rokoknya juga. Di menu yang tertempel di meja ada tiga pilihan nasi goreng yakni nasi goreng umum, nasi goreng seafood, serta nasi goreng kambing muda. Saya segera pesan nasi goreng kambing muda lantaran tampak mengundang selera. Sambil menanti nasi goreng disiapkan, kami diberikan satu gelas es teler. Es telernya enak serta beri kesegaran. Lumayan sebagai appertizer.

Nasi Goreng Daus Wisata Aceh

Saat nasi goreng diantar ke meja nyatanya dia tak sendiri lantaran pelayan ikut membawa rombongan yang lain yang buat meja penuh. Jadi di piring-piring lain yang dibawa ke meja ada udang goreng yang gede, ampela, burung goreng, bistik, sotong, perkedel, emping, tomat, timun, serta acar plus cabe rawit. Rasa-rasanya buat tidak sabar untuk menggali serta nikmati kemeriahan diatas meja ini.

Okay, jadi bagaimana nasi goreng kambing mudanya? Nasi gorengnya gurih banget, bumbunya berasa, nonjok indera pengecap yang ada di mulut. Serta untuk saya pedesnya cocok, tidak buat sakit perut namun cukup untuk menggugah selera. Daging kambingnya lembut. Digigit segera robek, tidak butuh sampai bertarung sama gigi lah.

Saat mencomot sotong gorengnya. Daging sotongnya dimasak pas. Jadi tidak sampai buat daging sotongnya jadi seperti karet, sulit dipotong. Daging sotongnya dengan gampang dipotong pakai sendok serta nyaman dikunyah di mulut. Ampela gorengnya gurih, burungnya juga. Satu diantara hal paling saya sukai yaitu bumbu bistik yang di simpan untuk nemenin nasi gorengnya. Rasa manis serta gurih.

Karena sangat ketagihannya dengan nasi goreng ini (well, ntah ketagihan atau memang lapar berat), Melahap nasi penambahan yang disiapkan. Bener-bener lahap makan waktu itu karena sangat nikmatnya makanannya.

Pokoknya bila ke Banda Aceh lagi harus singgah ke Nasi Goreng Daus ya guy


4. Dhapu Kupi

Dhapu Kupi Wisata Aceh

Warung kopi yang dirintis mulai sejak th. 2008 ini berhasil jadi kompetitor solong kopi. Beragam menu makanan serta minuman ada di warung kopi ini serta pelanggan dapat juga terhubung wifii. Warung kopi ini terdapat di Simpang Surabaya, letaknya pas dipersimpangan. Dhapu kupi yang buka 24jam ini senantiasa ramai pengunjung disetiap harinya. Jadi, bila anda menginginkan nongkrong di warung kopi tetapi telah larut datang saja ke dhapu kupi serta mereka siap melayani anda. Disini selain kopi juga tersedia makanan Bu Prang (nasi perang), penasarankan dengan namanya? makanya ke Aceh dong.


5. Nasi Goreng Iskandar



Anda yang kebetulan di Banda Aceh serta menginginkan rasakan lezatnya nasi goreng, nasi gurih ataupun nasi kuning, warung NASI ISKANDAR ini adalah pilihan yang pas buat OpenRicers sekalian. Berlokasi di pinggir jalan Tgk. Panglima Polim Banda Aceh, pastinya tempat ini gampang sekali dijangkau oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Walau tempat parkirnya kurang mencukupi tetapi kita tak dilarang untuk parkir disepanjang beberapa toko yang lain di jalan itu. : D

Nasi Goreng Iskandar Banda Aceh Wisata Aceh

Suasananya lumayan bagus, kita bisa pilih duduk enjoy di depan pertokoan (trotoar/tempat pejalan kaki) ada kursi-kursi serta meja plastik cukup untuk berempat orang atau kita bisa pilih duduk didalam toko dengan meja serta kursi serta berdampingan dengan usaha hp. Umumnya dari customer pesan untuk dibawa pulang, bila untuk nongkrong ditempat ini kelihatannya tidaklah terlalu banyak yang sukai lantaran tempatnya agak sempit ruangnya. Servicenya umumnya demikian kita singgah mereka segera ajukan pertanyaan apakah dibawa pulang atau makan ditempat itu. Untuk seporsi nasi goreng plus telur mata sapi seharga Rp. 8. 000 serta satu gelas teh manis dingin Rp. 4. 000, - Murah bukan... 

Related Posts