Wow, Ini 6 Objek Wisata di Aceh Jaya Yang Paling Terkenal

shares


Wow, Ini 5 Objek Wisata di Aceh Jaya Yang Paling Terkenal
- Kabupaten Aceh Jaya memiliki beberapa objek wisata yang menarik dan tidak salah bagi anda yang berada di Aceh Jaya untuk mengunjunginya. Aceh Jaya merupakan salah satu kabupaten di Aceh hasil pemekaran dari kabupaten Aceh Barat dengan ibukotanya berada di Calang. Kabupaten yang sepanjang jalan sebelah kanannya adalah laut dan sebelah kiri pegunungan. Ketika anda melewati jalan Aceh Jaya anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Berikut dibawah ini Wisata Aceh telah merangkum 5 Objek Wisata di Aceh Jaya Yang Paling Terkenal, semoga jadi referensi wisata anda ketika berada di Aceh.

1. Pantai Pasi Saka, Aceh Jaya
Pantai Pasi Saka foto by @almayafif / Wisata Aceh 
Pantai Pasi Saka, pantai tersembunyi yang menjuntai pada bibir samudera hindia. Ia memang manis semanis namanya (saka brarti gula dalam bahasa Indonesia). Perjalanan setapak yang Wisata Aceh lewati eks gampong Mata Ie serta pendakian tanah basah bukit Ujong Gla terbayar lunas ditempat dengan pesona pantai tersembunyi ini sepadan dengan jalur sulit untuk mencapai lokasi. Hal yang menarik dari pantai Pasi Saka, menurut amatan Wisata Aceh adalah bulir pasir-pasirnya. Jika dilihat dari jarak dekat, namanya juga pasir, harus dilihat sedemikian dekat untuk melihat butir perbutir. Beberapa bulir pasir ini berbentuk seperto Kristal yang bewarna bening. Persis seperti butir gula, karena itu pula, barangkali pantai ini dinamai Pasi Saka. Ini lah The Light of Aceh dari Kabupaten Aceh Jaya.

2. Arung Jeram di Sungai Teunom Aceh Jaya

Kalau liburan ke Aceh bagi petualang ala, tidak lengkap jika tidak melakukan arung jeram. Disungai Teunom di Aceh, Anda bisa menguji nyali mengarungi derasnya Jeram selama 7 hari. Aceh Jaya, wilayah pesisir yang terletak di kawasan barat Pantai Sumatera ini memiliki keindahan panorama alam. Salah satu dari sekian banyak keindahannya adalah aliran Kreung Teunom. Kreung atau Sungai Teunom menurut amatan Wisata Aceh merupakan salah satu sungai terdahsyat di Provinsi Aceh.

Sungai ini memiliki panjang berkisar 57 km, dihitung dari Cot Kuala, Kecamatan Mane Kabupaten Pidie. Ada banyak sungai yang mengaliri Kreung Teunom. Sederetan sungai itu adalah Kreung Geumpang, Kreung Sekuleh, Kreung Beutung. Masih banyak lagi sungai kecil yang bermuara ke Sungai Teunom.



Setiap hari, ribuan kubik air mengalir di sungai tersebut. Semua sungai ini layak untuk diarungi oleh para rafter. Sungai di Aceh pada umumnya dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mencari nafkah. Mereka memancing juga mengalirkan air sungai untuk persawahan.

Selain itu, sungai di Aceh bisa dimanfaatkan untuk olahraga yaitu Arung Jeram. Sungai Kreung Teunom juga menyimpan banyak keindahan alam baik panorama serta flora dan fauna.

Kreung Teunom secara geografis merupakan kawasan Hutan Ulu Masen, yang masih sangat perawan dengan sejuta keindahan. Di sepanjang sungai terdapat bebatuan serta belasan air terjun di sisi kanan dan kiri Kreung Teunom. Sungai ini bermuara ke Desa Sarah Raya, Aceh Jaya.

3. Teluk Rigaih

Dari Banda Aceh-Calang disini dapat dijumpai beberapa tempat menarik yang siap memanjakan mata yang letih dalam perjalanan. Dimulai dari Puncak Geurutee hingga kota Calang begitu banyak tempat yang bisa disinggahi, Salah satunya adalah di Rigaih didekat kota Calang yang terkenal sebagai tempat snorkling, diving maupun memancing.

Kawasan Rigaih adalah sebuah Kawasan Rest Area yang berbentuk teluk yang terdapat di Gampong Riagih, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Kawasan ini persis berada di pinggir Jalan Nasional. Rigaih menyuguhkan pemandangan teluk yang menawan dengan pulau-pulau yang terhampar disekitarnya dan lautnya masih sangat alami, biru dan tenang. Di Kawasan Rigaih anda bisa juga melihat perahu-perahu tradisional nelayan yang bersandar di pinggir pantai serta bekas sebuah pelabuhan yang hancur diterjang dahsyatnya gelombang tsunami pada 2004 silam.


Dari kejauhan di Teluk Rigaih dapat terlihat pemandangan kota Calang yang terletak di sebuah tanjung. Menurut pantauan Wisata Aceh, Ditempat ini juga terdapat beberapa pantai yang berpasir putih dan tentunya tersedia pondok-pondok yang teduh bagi pengunjung untuk menikmati pantai dan Kawasan Teluk Rigaih.

Jika anda beranjak sedikit lebih dekat dengan kota Calang tepatnya disebelah pegunungan maka anda akan dapat melihat bekas hutan bakau yang mati akibat tsunami. Pohon-pohan bakau disini masih tegak berdiri walau sudah mati, pemandangan ini saya rasa juga bisa menyuguhkan pemandangan unik dan menawan.


Nah, jika anda melewati jalan lintas barat selatan Aceh tidak ada salahnya bagi anda untuk singgah dan beristirahat sejenak di Kawasan Rigaih sambil menikmati suguhan pemandangan alam yang menawan yang tentu dapat mengobati kepenatan anda selama diperjalanan.

4. Lhok Geulumpang

Photo by @yose8rz / Wisata Aceh

Tempat Wisata di Aceh Jaya yang merupakan kawasan hutan alami menghadap Samudera Hindia, dengan pantai landai berpasir putih untuk berjemur, snorkeling, menyelam menikmati biota laut yang dilindungi, monyet-monyet, dan pemandangan perbukitan.

5. Pulau Reusam

Pulau Reusam merupakan sebuah pulau kecil nan indah di seberang pesisir Pantai Barat Aceh. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan birunya laut yang jernih. Selain itu, Pulau Reusam juga memiliki keindahan bawah laut yang siapun tak akan menyangka keindahannya dan lokasi ini bahkan digadang-gadang akan menjadi tujuan wisata bahari alternatif di Aceh setelah Pulau Sabang. Selain pantai dengan pasir putih, sebagian lainnya dari Pulau Reusam dikelilingi oleh bukit bebatuan. Bebatuan ini menampilkan keindahan tersendiri untuk melengkap ikeindahan lainnya yang dimiliki oleh pulau ini. Susunan karang-karang yang indah pada sisi lain pulau ini juga makin menambah daya tarik untuk tak melewatkan Pulau Reusam sebagai salah satu destinasi wisata akhir pekan.


Pulau Reusam Photo by @dennyyacob / Wisata Aceh
Secara administratif, Pulau Reusam masuk dalam Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menumpang kapal nelayan yang berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jika anda membawa kendaraan, anda dapat memarkirkannya di dalam area TPI. Tempat Pelelangan Ikan berada di kawasan rest area Rigaih Kabupaten Aceh Jaya. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Pulau Reusam dengan kapal nelayan hanya sekitar 15 menit. Jika anda melakukan perjalanan dari Kota Banda Aceh, memakan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan darat untuk mencapai rest area ini, baru kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal nelayan.

Berwisata ke Pulau Reusam masih terhitung sangat murah, saat terakhir Rahjaroe mengunjungi pulau ini, biaya yang dikeluarkan hanya sekitar 30 ribu rupiah per orang dan dibayarkan kepada pemilik kapal. Biaya tersebut sudah termasuk biaya antar jemput. Fasilitas yang ada di Pulau Reusam memang masih belum memadai untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Hanya terdapat satu sumur yang disekat dan digunakan sebagai tempat membilas setelah berenang di laut, dan juga satu buah gazebo yang digunakan sebagai mushalla. Namun seiring waktu, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya berniat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Pulau Reusam. Hal tersebut terbukti dengan telah dibukanya penyeberangan 24 jam dari dan ke Pulau Reusam. Hal ini memungkinkan wisatawan apabila hendak bermalam dengan berkemah di Pulau Reusam. Perlahan fasilitas penunjang sebagai tempat wisata akan terus dibangun demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Reusam.


Pulau Reusam photo by @mahlielfendy / Wisata Aceh
Bagaimana, apakah rakan Rahjaroe tertarik untuk mengunjungi Pulau Reusam? Hal terpenting yang harus diingat ketika berwisata ke alam terbuka adalah nikmatilah keindahan alam tanpa merusak kelestariannya. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena itu gak asik!

6. Puncak Geurutee
Puncak Geurutee Yang Menajubkan Di Aceh, adalah sebuah gunung yang terletak Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Gunung Geurutee menjadi lintasan jalan nasional menuju kawasan barat selatan Aceh. Puncak Geurutee merupakan salah satu, sensasi keindahan objek wisata alam Aceh. Jika Melihat Indahnya Pesona Alam Aceh Jaya dari Puncak Gunung Geurutee, memang tiada duanya. Pemandangan dari gunung geurutee sangat indah mempesona dan menakjubkan. Memang benar kata orang Keindahan Panorama Puncak Gunung Geurutee, Adalah Puncak Gunung Geureutee yang Menawan Hati bagi para pengunjung.



photo by @melsayurismadenii / wisata aceh

Photo by @ihsanamri / wisata aceh



Keyword :
The Light Of Aceh
Wisata Aceh
Cahaya Aceh










Related Posts