Wisata Religi Ke Mesjid Tuha Indrapuri

shares

Wisataceh.com - Masjid Tuha Indrapuri terletak tak jauh dari pasar Indrapuri, Aceh Besar. Sekitar 24 kilometer dari Banda Aceh. Masjid ini akan terlihat saat kita mulai memasuki sebuah jembatan di Indrapuri berdekatan dengan jalan lintas nasional. Dibangun di atas reruntuhan candi Hindu, masjid itu juga menjadi saksi bisu masuknya Islam di Aceh dan jayanya Islam sehingga dapat meruntuhkan berbagai macam kepercayaan lain sebelum Islam datang. 


Menurut cerita sejarah, masjid ini awalnya merupakan candi yang didirikan orang-orang Hindu di Aceh, kemudian dihancurkan setelah masuk dan berkembangnya agama Islam di tanoh indatu tersebut. Di atas reruntuhan candi tersebut, selanjutnya dibangun masjid yang diberi nama Masjid Indrapuri oleh Sultan Iskandar Muda sekitar tahun 1607-1636.
Sekarang Masjid tersebut masih ada dalam bentuk bangunan tradisional yang tetap dilestarikan serta difungsikan sebagai tempat ibadah. Masjid tersebut kini akrab disebut sebagai Masjid Tuha Indrapuri. Ukiran dan arsitektur masjid tergolong unik.

Masjid ini pernah dipakai untuk menobatkan Sultan Muhammad Daudsyah pada tahun 1878 M sebagai sultan Aceh Terakhir.


📷 @bayu_djohan



Related Posts