Cara Unik Minum Kopi Khop Khas Kota Meulaboh

shares

Wisataaceh, Cara Unik Minum Kopi Khop Khas Kota Meulaboh - Menyurup kopi dari bibir gelas yang diseduh  sudah biasa dan semua orang pasti sudah melakukannya. Namun pernahkah anda menikmati kopi dengan posisi gelas terbalik?. Nah, Kopi dengan posisi gelas terbalik hanya anda dapatkan di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, disana anda bisa menikmati kopi dengan cara unik. Masyarakat setempat menyebut kopi yang disajikan dengan gelas terbalik dengan sebutan Kopi Khop. 

Cara penyajian kopi tubruk khas Meulaboh dengan cara gelas terbalik selain dapat menjaga hangatnya kopi, juga dapat menjaga aroma kopi robusta didalam gelas terbalik. Anda tidak perlu khawatir soal ampas kopinya, karena tidak akan terminum lantaran hanya mengapung di atas gelas. 

sumber : suararakyatindonesia.org
Penyeduhan kopi khas Meulaboh sebenarnya tak jauh berbeda dengan kopi-kopi lainnya yang diseduh langsung dan disaring bubuk kopinya. Namun jika berbicara soal penyajian kopi Khop, ini jelas sangat berbeda dan jarang ditemui didaerah lain, bahkan tidak ada. Konon katanya cara penyajian kopi Khop ini terinspirasi dari model topi pahlawan nasional yang berasal dari daerah setempat yaitu Teuku Umar Djohan Pahlawan. Kekhasan kopi Khop memang sudah melekat dengan daerah Aceh.
Cara Menikmati Kopi Khop
Nah sebenarnya ada dua cara untuk menikmati kopi khop, yang disajikan dalam kondisi gelas terbalik di atas sebuah piring kecil. Yang pertama, piring kecil dan gelas diangkat bersamaan dengan kopi yang keluar dari bibir gelas, kemudian diseruput sedikit demi sedikit dari pinggiran tatakan. Cara unik ini harus dilakukan dengan hati-hati, agar kopi jangan sampai tumpah. 

Yang kedua adalah dengan menggunakan sedotan. Sekalipun lebih mudah tapi cara ini tetap harus dilakukan dengan hati-hati. agar panasnya kopi tidak langsung mengenai lidah. Apa pun cara yang dilakukan, banyak peminat kopi yang mengaku ketagihan setelah menikmati kopi Khop khas Meulaboh ini karena cita rasa kopi ini memang nikmat. Apalagi jika dinikmati saat berada di pinggiran pantai pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Kopi Khop bisa dinikmati kapan saja. 

Menikmati kopi Khop yang legendaris dan unik , Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar antara Rp 5 ribu – 11 ribu saja. Harga sangat bersahabat, bukan? Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke Meulaboh, pastikan Anda menjajal kopi Khop ini dan rasakan sensasi menikmati kopi tubruk khas Meulaboh dengan gelas terbalik.


A photo posted by Aceh (@wisataaceh) on

Related Posts