Air Terjun Lawe Sikap, Destinasi Wisata Primadona di Agara

shares

Wisataceh.com - AIR terjun Lawe Sikap merupakan salah satu wisata air baru di Kabupaten Aceh Tenggara, letaknya tak begitu jauh hanya 5 -10 menit dari kota Kutacane, ibukota Aceh Tenggara. Lokasinya berada persis di kawasan wisata Bukit Cinta yang terlebih dulu populer dikalangan masyarakat Kutacane dan sekitarnya.


Untuk dapat mencapainya anda harus melalui jalan dari arah kota Kutacane menuju Kute Mbarung hingga di pertigaan belok kanan dengan sedikit mendaki menyusuri tebing terjal.
Kami yang berkunjung beberapa waktu lalu mengamati besarnya antusias muda-mudi Agara untuk melihat air terjun yang sedikit menguras tenaga karena ada medan mendaki dan memanjat untuk mencapainya.



Sayang, keindahan Lawe Sikap belum dapat dinikmati semua kalangan, pasalnya masih kurang fasilitas ditambah licinnya bebatuan untuk mencapai air terjun ini membuat hanya kalangan pemuda-pemudi saja yang berani mencapai lokasi.

Tapi, anda bersama keluarga jangan berkecil hati dulu, karena di bawah air terjun ini anda dapat menikmati panorama sungai Lawe sikap yang sangat jernih dan sejuk dan konon bisa di minum langsung airnya dikarenakana telah disaring secara alami oleh bebatuan kapur yang banyak bertebaran di sepanjang sungai.
Selain itu apa salahnya anda mampir terlebih dahulu di pondok-pondok tradisional yang berjejer rapi di pinggir jalan Bukit Cinta, ditemani Teh, dan kopi Gayo bergulakan air Aren ditambah kacang rebus sembari melihat keeksotisan Kutacane dari segala penjuru terlebih saat tergelincirnya matahari.


Kutacane yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.000 mdpl, dikelilingi Bukit Barisan berbentengkan Gunung Leuser, mempunyai kekayaan dan potensi wisata alam terutama wisata air seperti Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Wisata Lawe Gurah, Rafting Lawe Alas, Pante Barat, air terjun Jambor Latong, Bukit Cinta, dan masih banyak lainnya yang masih tersembunyi dan menunggu untuk dilihat dan di sorot oleh masyarakat dunia, Indonesia dan Aceh khususnya.
Sumber : lintasgayo.co

Related Posts