10 Tempat Wisata Pantai Indah di Aceh Besar

shares


10 Tempat Wisata Pantai Indah di Aceh BesarAceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Aceh sendiri mempunyai banyak tempat wisata pantai dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.


Pantai Lampuuk Aceh Besar @nodiejunodie
Berikut 10 Tempat Wisata Pantai Indah di Aceh Besar yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Aceh:

1. Wisata Aceh Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Berjemur di pantai, bermain banana boat, berselancar, serta menyelam biasa dilakukan wisatawan saat berlibur ke Bali. Namun, Anda juga dapat melakukan kegiatan menyenangkan ini di pantai Kuta-nya orang Aceh, yaitu Pantai Lampuuk. Penasaran? Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh, sekitar kurang lebih 20 km dari Kota Banda Aceh. Pantai ini memiliki pasir yang putih serta ombak cantik yang sangat cocok untuk Anda yang senang berselancar.

Bagi Anda yang tidak berselancar, tersedia saung-saung di pantai untuk bersantai bersama keluarga. Anda dapat menyantap aneka ikan bakar dan es kelapa sambil menikmati suasana pantai yang dengan latar belakang pegunungan yang melengkapi keindahan Pantai Lampuuk. Anda juga dapat menyusuri pantai menikmati angin segar. Ujung Pantai Lampuuk berbatasan langsung dengan tebing tinggi yang terjal. Jika berani, anda dapat mencoba kegiatan panjat tebing yang kerap diadakan komunitas pecinta alam setempat.

Di wisata aceh pantai Lampuuk, Anda bisa mendapatkan lebih dari yang pantai Kuta miliki. Di sini Anda bersama warga lokal bisa ikut wisata pelestarian penyu lekang dan penyu belimbing yang mulai langka keberadaannya. Saat sore menjelang matahari tenggelam, pemandangan di pantai ini juga luar biasa. Merahnya cahaya matahari memantul sempurna di laut Pantai Lampuuk. Ingin menikmati pantai lebih lama? Penginapan tersedia untuk Anda.

Mungkin hanya di Pantai Lampuuk Anda dapat melakukan kegiatan berselancar, memanjat tebing, serta ikut melestarikan penyu sekaligus.




A photo posted by Rere (@atemalem) on

2. Pantai Pasir Putih, Lhok Mee, Aceh Besar

Wisata Aceh Pantai Lhok Mee berada di Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee, di Jalan menuju Krueng Raya, 30 km dari Banda Aceh. Sebelum memasuki kawasan Pnatai Lhok Mee, Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan cadas dan pohon-pohon rimbun. Pantai Lhok Mee ini kerap dijuluki sebagai “Wisata Aceh Pantai Pasir Putih” karena sejauh mata memandang, mata Anda akan menangkap hamparan pasir yang begitu putih bersih. Pantai di Aceh Besar yang satu ini memiliki keunikan berupa adanya pepohonan besar dan kecil yang tumbuh di dalam air di pinggir pantai. Di wisata aceh pantai antai Lhok Mee, Anda dapat duduk-duduk sembari menikmati indahnya pemandangan di pondok-pondok kayu yang disediakan pengelola. Di sini juga cukup banyak penjaja makanan dan minuman.


A photo posted by Aceh (@wisataaceh) on


A photo posted by riski jp (@riskijuanda91) on

3. Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee terletak di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, kurang lebih 17 km dari kota Banda Aceh menuju Pelabuhan Malahayati. Jika Pantai Lhok Mee dikenal dengan pasir putihnya, maka Pantai Ujong Batee justru terkenal dengan pasirnya yang berwarna hitam. Konon, pasir hitam ini dapat menyegarkan tubuh. Saat Anda berbaring di pasir hitam, maka tubuh akan mendapatkan kekuatan dari elemen-elemen alam. Warga setempat juga meyakini bahwa pasir hitam ini bermanfaat untuk terapi kelumpuhan dan mengobati penyakit tulang. Saat menyusuri pantai, Anda akan melihat bekas reruntuhan benteng Indra Parta yang terendam air laut. Ombak di Pantai Ujong Batee tergolong tenang sehingga aman untuk berenang dan bermain air. Akibat tsunami, di Pantai Ujong Batee ini ada bagian pantai di mana bila Anda berjalan ke arah laut, maka airnya akan semakin dangkal.

A photo posted by YUS EFENDI (@yusefendy) on

A photo posted by Zahratul Suci (@zahrasuci23) on

4. Pantai Momong

Masih banyak pantai-pantai indah yang tersembunyi di Aceh Besar. Mengeksplornya adalah suatu tantangan tersendiri. Salah satunya adalah wisata aceh pantai Momong. Pantai dengan nama yang unik ini berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Tidak banyak yang mengetahui letak pantai ini. Namun jika kita berdiri di pantai Lampuuk maka Momong akan terlihat berada di balik bukit batu di sebelah kanan. Lokasi pantai momong tepat berada di balik tebing tempat Joel' Bungalow berada. Joel's Bungalow juga yang menjadi patokan awal untuk mengakses lokasi ini. 


Sebelum mencapai pintu gerbang penarikan retribusi menuju Joel's Bungalow, pengunjung harus mengarahkan kendaraannya ke jalan setapak yang ada di sebelah kanan. Karena letaknya yang tersembunyi, akses menuju pantai ini termasuk sulit. hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sebatas pagar kebun penduduk. Dari tempat penghentian terakhir sepeda motor, pengunjung harus melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 500 meter menuju Momong. 



A photo posted by Tengok Aceh (@tengokaceh) on

A photo posted by r i c c i (@ricci1201v) on

A photo posted by @muhzijayandi on


5. Pantai Lhoknga

Kawasan wisata Pantai Lhoknga di Kecamatan Lhoknga hanya berjarak 20 kilometer (km) atau sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan darat dari Kota Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh. Lokasinya tepat berada di pinggir jalan nasional Banda Aceh-Meulaboh. Objek wisata yang cukup terkenal di Aceh ini merupakan suguhan kombinasi dari keindahan pantai, laut dan asrinya pegunungan kapur yang membentang hijau. Sebuah perpaduan yang jarang ditemui di tempat lain.

Bagi pecinta surfing (selancar) kawasan wisata ini sangat cocok untuk Anda.  Atau Anda hanya ingin menikmati suasana? Silahkan saja berlama-lama di pondok-pondok penjaja makanan dan minuman yang berada di bawah jejeran rindanganya cemara. Dari sini, nikmati juga indahnya matahari terbenam (sunset) menjelang pergantian siang ke malam.  





A photo posted by Elvida Risna (@elvidarisna) on

A photo posted by didiuzie (@didiuzie) on

6. Pantai Lange

Pantai Lange terletak di Desa Lam Lhom dan Lampuuk, Aceh Besar. Sama seperti Pantai Ujong Pancu, Anda juga harus mendaki Gunung Lampuuk untuk sampai ke Pantai Lange. Pantai Lange ini memiliki perpaduan pantai yang berpasir putih, rumput laut kecoklatan, dan padang rumput yang hijau. 


Semua keindahan itu dilengkapi dengan laut biru jernih. Di Pantai Lange, saat berenang dan bermain air, Anda dapat menjumpai berbagai fauna laut seperti kerang, landak laut, dan ikan hias cantik warna-warni. Berjarak 500 meter dari Pantai Lange, melewati bukit dan menyusuri pasir pantai, Anda akan menemukan Pantai Ie Rah. Di Pantai Ie Rah terdapat fenomena seruling samudra, berupa dua buah air laut yang menyembur ke atas seperti air mancur.



7. Pantai Blang Ulam Aceh Besar

Masyarakat Blang Ulam, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, menyebut pantai ini dengan Blang Ulam. Lokasinya berjarak sekitar enam kilometer dari pelabuhan Malahayati, Krueng Raya. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih sama seperti di Pantai Lhok Mee. Namun sayangnya pantai ini belum ramai dikunjungi wisatawan. Selama ini pantai tersebut dijadikan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan tradisional milik warga setempat. Pantai ini bukan tempat wisata. Ini tempat para nelayan, kalau mau dijadikan tempat wisata, harus ada izin dari geuchik (kepala desa-red) dulu.Kalau pantai ini dijadikan tempat wisata, kan kami bisa untung juga, dengan adanya ikan bakar, jadi ikan kami akan laris terjual. 





A photo posted by @fredopastrana on

A photo posted by Ahmad Zaki (@ahmadzaki_st) on


A photo posted by Syukran Bakhtiar (@syukranbakhtiar) on

8. Pantai Lhok Mata Ie


Lhok Mata Ie adalah sebuah pantai di Aceh Besar. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menaiki bukit terlebih dahulu. Memang letak pantai ini di balik bukit Ujong Pancu. 
Setiap harinya tempat ini selalu di kunjungi oleh wisatawan lokal. Bila akhir pekan, tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan camping bersama sahabat. Hal ini bisa dilihat bila Anda datang ketempat ini pada hari Minggu. Banyak tenda pengunjung yang menginap sejak hari sebelumnya.
Letak tempat ini dari Kota Banda Aceh tidaklah jauh. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menuju bukit Ujong Pancu. Namun pengunjung harus mempersiapkan diri karena harus menaiki bukit Ujong Pancu. Pantai Lhok Mata Ie, begitulah orang-orang menyebutnya.
Namun tidak ada transportasi untuk menuju tempat ini. Bila ingin ke sana, Anda bisa menyewa transportasi umum yang ada di Banda Aceh yaitu Labi-labi ataupun becak. Para pengujung bisa nego sendiri tentang ongkos menuju ke sana dengan sopir ataupun abang becak. Pintar-pintarnya Anda menawar saja.
Ketika sampai di bukit Ujung Pancu, pengunjung akan melihat sebuah pamflet yang berisi peranturan bagi pengujung yang akan menuju ke pantai Lhok Mata Ie. Isi peraturannya adalah larangan berkunjung bagi pengunjung perempuan, baik muhrim maupun bukan muhrim, kecuali sudah mendapatkan izin dari geucik (kepala desa) setempat. 
Pesona pantai pasir putih merona ini akan memanjakan mata Anda. Pantai Lhok Mata Ie juga dijadikan sebagai salah satu tempat memancing favorit sebagian pengunjung. Air lautnya yang bening juga akan melepas penat setelah capek menaiki bukit Ujong Pancu. 



A photo posted by @cutervidadiana on

A photo posted by ian.07 (@bogel.07) on


A photo posted by muyasir (@muyasir93) on

9. Pantai Ujong Batee Puteh

Pantai Ujong Batee Puteh berada di daerah Krueng Raya, Objek wisata ini terletak tidak jauh dari perbukitan Lamreh. Jika anda kemari harus melewari pantai pasir putih Lhok Mee terus saja nanti anda akan melihat sebuah tower provider disebelah kanan, tidak jauh dari tower itu akan terlihat tanda untuk masuk ke pantai Ujong Batee Puteh yang cet di aspal. Pasir di pantai ini berwarna hitam, kalau mandi disini harus berhati-hati, namanya juga laut mana tahu arusnya lagi bercanda. 







10. Pantai Lhok Seudu, Aceh Besar

Lhok Seudu adalah sebuah Desa Pesisir di Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Sebagian besar penduduk di sini bermatapencaharian sebagai nelayan. Perjalanan menuju Lhok Seudu dari Banda Aceh memakan waktu sekitar 30-45 menit. Lhok Seudu di Aceh Besar menawarkan wisata bahari dan kuliner yang cocok untuk mengisi hari libur. Fasilitas wisata di sini juga lengkap, ada kapal boat kaca sampai restoran. Ayo mampir!


Berwisata Ke Aceh Besar memang tak bakalan bosan. Banyak destinasi yang ditawarkan Oleh kabupaten Aceh Besar yang memiliki alam nan indah. Lhok Seudu salah satunya.  Berada di Kawasan Kecamatan Leupung, Aceh Besar, wilayah ini menawarkan pesona baharinya yang indah dan menawan, membuat para wisatawan betah mengunjunginya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Lhok Seudu ini sangat beragam, dari rekreasi, hingga menyalurkan hobi seperti mancing, snorkeling, dan sebagainya. Di sepanjang jalan kawasan Lhok Seudu ini juga banyak terlihat para penjual hasil laut yang khas, seperti ikan asin, teri, sampai gurita kering.  Namun bagi yang ingin ikan segar juga tersedia. Dimana di lokasi tersebut banyak para nelayan lokal menyandarkan boatnya dari laut membawa hasil tangkapannya.

Di hari libur banyak wisatawan yang menikmati kawasan wisata ini dengan berbagai kegiatan. Pengunjung juga bisa menikmati terumbu karang dari atas boat kaca yang telah dimodifikasi, kita langsung melihat ikan-ikan tanpa harus menyelam atau berbasah-basahan di dalam laut. 








Demikian 10 Tempat Wisata Pantai Indah di Aceh Besar, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan di facebook ya.


Related Posts